Rabu, 31 Juli 2013

wekwew

Sekarang masuk ke tujuan utama yaitu agar biawak bisa dihandle (bukan jinak)
Buat penulis, dia cuma melakukan satu cara. Cara ini adalah yang paling sulit, paling makan waktu, tapi dalam opininya, cara ini adalah cara yang paling baik. Tolong pahami bahwa penulis hanya sharing pengalaman yg berhasil buat dia, dia ga mengklaim bahwa dia adalah ahlinya. Penulis ga punya banyak biawak, ditotal ada 8 selama kurun waktu 13 tahun. 7 yang dipakein cara ini menjadi cukup nyaman berada di sekitar manusia. Cuma 1 yaitu savmon yang ga berhasil karena dia tetep bisa nyerang orang yg deket2 dia walau ga digodain sekalipun. 

PENTING UNTUK MENYEDIAKAN KANDANG YANG UKURANNYA SESUAI DENGAN KEBUTUHAN SI BIAWAK DAN WAKTU YANG CUKUP UNTUK ADAPTASI SEBELUM KAU MULAI INTERAKSI. STRES BISA MEMBUNUH NYAMBEKMU! PASTIKAN BIAWAK PADA KONDISI TERBAIK DULU
citra indah cileungsi

.:: 5 PROGRAM HANDLING - SESUAI PANCA INDERANYA ::.


SUARA
Hal paling pertama
Kamu harus tunggu paling engga beberapa minggu setelah kedatangan si biawak, tapi sebulan atau lebih lebih baik. Beri biawak kesempatan untuk nyaman di rumah barunya. Ingat, pindahnya dia ke rumahmu sangat bikin stres, dan kesehatannya juga penting walau kamu liat ga ada tanda2 sakit. Kmu pengen dia makan rakus dan pada kondisi terbaiknya ketika lu mau mulai tahap interaksi ini. Selama masa pengenalan, mulailah perawatan yang terjadwal. Biawakmu bakal lebih kalem saat dia emang berharap atau butuh sama lu. Jadwal atau rutinitas dia bakal terjaga dengan baik. Makin tepat waktu lu stiap hari ketika ngurus dia (brsiin kandang or kasi makan) smakin baik karena jadi suatu rutinitas yg terjadwal baik. Pastikan kau bicara ke dia dengan suara yg lembut ( ga harus lembut/pelan si tapi jangan kasar aja or ngagetin) ketika lagi beresin kandangnya. Juga baik apabila kita membuat biawak kita ngeliat bahwa kita yang bersiin kandang dia dan naro makanan dan minuman ke kandang. Jika biawaknya terlalu pemalu dia akan ngumpet, gapapa. Tetep bicara, dia ngedengerin kok. Jangan terlalu lama utak atik kandangnya, biawaknya perlu juga untuk istirahat dan privacy mereka. Diharapkan dalam waktu 6 minggu ke depan dia bakal mulai tengak tengok ketika denger suara lu yg merdu :mrgreen: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar